Timnas Indonesia Hadapi Timnas Jerman Dalam Persiapan Piala Dunia U 17

Category : Berita Sports
Piala Dunia U 17

Jelang Piala Dunia U 17 yang akan berlangsung dalam beberapa bulan lagi, timnas U17 Indonesia akan menggelar turnamen kecil di Jerman. Erick Thohir sebagai pelatih telah mengklaim PSSI berkoordinasi dengan tim dari Jerman agar timnas Indonesia bisa melakoni latihan disana. Akan ada 30 pemain timnas Indonesia yang diberangkatkan dalam pemusatan latihan di Jerman ini dan secara serius untuk mencari 11 pemain terbaik. Pelatih Erick Thohir juga mengatakan bahwa skuad tanah air ini juga bakal menjalani kompetisi mini. PSSI rencananya akan membuatkan turnamen mini untuk Timnas Indonesia di Jerman yang dimaksudkan untuk mempermatang persiapan Indonesia sebelum tampil di Piala Dunia U-17.

Saat ini ada 6 kota yang telah dipilih dan sudah ada 17 pemain yang lolos. Erick juga mengatakan dia telah menerima laporan bahwa tujuh pemain telah diturunkan dari tim utama dan 17 dari tujuh juga telah dipanggil lagi. Khususnya di Jakarta bisa kontribusi yang terbesar, karena selama ini track record biasanya banyak sumbangsih untuk tim nasional, jadi dibuktikan ada hingga seratus, dan selama ini dari Bali dari Bandung dari Palembang totalnya adalah 17. Erick menyebut PSSI serius mencari pemain terbaik untuk membela timnas U-17 di Piala Dunia U 17 dan ia telah bertemu dengan tim dari Jerman yang didatangkan khusus untuk mempersiapkan penempatan di Jerman untuk laga uji coba. Timnas Indonesia akan berangkat membawa 30 pemain, dan 12 sampai 15 tim official, setelah proses seleksi adalah persiapan permainan yang serius. Karena di Jerman pertandingan berlangsung dengan berbagai tim. Timnas Indonesia U17 juga akan mempersiapkan pertandingan melawan timnas U17 Korea Selatan dan semuanya akan diuji tapi bukan dengan nama timnas, tapi dengan Indonesia United.

Sejumlah kriteria pemain cocok untuk menempati timnas Piala Dunia U 17 Indonesia. Menurut Indra Sjafri, pemain yang bermain di beberapa posisi tertentu juga perlu memiliki postur di atas rata-rata. Dengan tinggi badan untuk posisi tertentu diberikan batas seperti kiper, bek tengah,juga striker diminta di atas 178 cm. Namun untuk posisi lain jika berkualitas maka akan dipilih. Indra Sjafri telah menjelaskan, ada beberapa penilaian terkait pemahaman taktik dan juga kualitas teknik bagi para pemain yang akan ikut dalam seleksi timnas U17 Indonesia. Indra Sjafri mengungkapkan bahwa mereka sudah mengantongi standar pemain yang ikut dalam seleksi dan ada sejumlah pesepak bola yang mungkin tidak lolos dalam kualifikasi seleksi ini. Pelatih Bima Sakti sudah menyampaikan standar teknis yang harus diseleksi dan ikut pada seleksi ini, meskipun kenyataannya ada banyak yang juga diluar kualifikasi teknis.

PSSI juga telah menyeleksi enam nama pemain diaspora diantaranya adalah Welber, Halim Jardim, Aaron Nathan Ang, dan Mahesa Ekayanto. Tiga nama lain adalah Madrid Augusta, Staffan Qabiel dan Aaron Suitela. Indra Sjafri menuturkan, 4 pemain diaspora kini telah dicoret, sehingga hanya akan menyisakan dua nama. Salah satu nama yang tetap akan dipantau yakni Welber Halim Jardim yang merupakan pemain yang mentas bersama dengan klub Brasil. Seleksi tahap awal timnas U17 Indonesia ini akan dilaksanakan sampai dengan 28 Agustus nanti. Bima Sakti Akui kerangka Timnas U17 juga sudah terbentuk selain mulai menggelar TC, PSSI juga akan mencari pemain-pemain tambahan untuk ke-12 kota di seluruh Indonesia. Adapun Kompetisi Piala Dunia U 17 2023 ini akan diselenggarakan di Indonesia pada 10 November sampai dengan 2 Desember mendatang, jadi diharapkan pemain yang telah melalui seleksi bisa tampil maksimal.

Subscribe untuk mendapatkan update PROMO & BONUS menarik
Loading